Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Zakat Hasil Sawah Pada Materi Perbandingan Senilai di SMP/MTs Aceh Besar

Tajjul Arifin, 160205126 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Zakat Hasil Sawah Pada Materi Perbandingan Senilai di SMP/MTs Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Zakat Hasil Sawah Pada Materi Perbandingan Senilai di SMP/MTs Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Zakat Hasil Sawah Pada Materi Perbandingan Senilai di SMP/MTs Aceh Besar)
Tajjul Arifin, 160205126, FTK, PMA, 085261332855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Efektifitas pembelajaran suatu mata ajar akan semakin meningkat apabila terus dipikirkan dan dikembangkan perangkat pelaksanaan pembelajaran melalui kreatifitas guru dengan memakai berbagai referensi dari hasil penelitian dan pengembangan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Media dalam pembelajaran matematika dapat dikembangkan dengan baik melalui atau dengan menggunakan hasil-hasil kajian etnografi kearifan lokal suatu masyarakat baik yang difokuskan pada pengamalan agama maupun budaya. Sesuai dengan RPP yang digunakan K13 pada materi perbandingan matematika masih belum menyinggung sama sekali tentang etnomatematika, dengan memasukan etnomatematika didalam rancangan pelaksanaan pembelajaran K13 akan jadi terebosan baru khususnya mata pelajaran matematika materi perbandingan senilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa bahan ajar dalam bentuk PowerPoint yang berbasis etnomatematika dan untuk mendeskripsikan proses validitas dari produk media pembelajaran materi perbandingan berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang subjeknya terdiri dari satu guru matematika dan lima siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi situs budaya dan teknik wawancara untuk menganalisis RPP, dokumentasi, serta angket berupa lembar validitas, respon guru dan uji coba peserta didik. Kemudian data dianalisis melalui validitas skala likert dan menentukan skor rata-rata dari angket respon guru dan siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran materi perbandingan senilai dengan berbasis budaya zakat hasil sawah dilakukan dengan 4 tahapan pengembangan yaitu preliminary investigation, design, realization serta test, evaluation and revition. Penelitian ini telah divalidasi oleh dosen prodi pendidikan matematika, tokoh budaya dan agama. Kemudian dilakukan tahap uji coba terhadap satu guru dan 5 siswa SMPN 1 Darul Kamal. Total keseluruhan nilai rata-rata yang diperoleh dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik serta pengembangan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar yang disajikan dalam bentuk PowerPoint materi perbandingan seniali berbasis zakat hasil sawah berdasarkan model pengembangan Plomp dalam penelitan ini valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisan perangkat diperoleh dari hasil analisis respon guru dan uji coba siswa termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Tajjul Arifin
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 15 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item
View Item