Analisa Teks Bacaan dari Buku Bahasa Arab kelas IX dari segi Bahasa dan Budaya Islam berdasar kurikulum 2013

Muhammad Hanif Taufiq, 30183805 (2022) Analisa Teks Bacaan dari Buku Bahasa Arab kelas IX dari segi Bahasa dan Budaya Islam berdasar kurikulum 2013. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana.

[thumbnail of Analisa Teks Bacaan dari Buku Bahasa Arab kelas IX dari segi Bahasa dan Budaya Islam berdasar kurikulum 2013] Text (Analisa Teks Bacaan dari Buku Bahasa Arab kelas IX dari segi Bahasa dan Budaya Islam berdasar kurikulum 2013)
Muhammad Hanif Taufiq, 30183805, Pascasarjana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Secara global tujuan pembelajaran bahasa arab di tingkat menengah pertama di lingkungan kementrian agama adalah penguatan keterampilan membaca dan penambahan wawasan keagamaan. Hal ini tercermin dalam silabus mata pelajaran bahasa arab MTs. Oleh karena itu, teks bacaan hendaknya memuat dua hal tersebut, baik penerapan kaidah kebahasaan yang telah dipelajari sebelumnya maupun berisi tentang wawasan keagamaan, sehingga tujuan pembelajaran bahasa arab tercapai. Hasil analisa dengan menggunakan metode content analysis pada materi bacaan yang terdapat pada buku ajar bahasa arab kelas IX Kurikulum 2013 (karya Ahmad Hidayat) didapatkan bahwa; 1). Teks bacaan pada buku ajar tersebut tidak memuat dan tidak memperhatikan tata bahasa di setiap pokok bahasan yang ada, sehingga pengayaan contoh aplikatif gramatikal yang sesuai dengan tata bahasa di setiap pokok bahasan, tidak tercermin bahkan terkesan sangat kurang. Hal ini berakibat pada tidak efektifnya proses pemahaman kaidah itu sendiri. Dan pada akhirnya tujuan kurikulum tidak tercapai, 2). Dari 5 teks bacaan, 4 bacaan yang sesuai dengan budaya Islam, yaitu: Ajaran dan Aqidah Islam. Sedangkan 1 teks bacaan lainnya, tidak sesuai dengan budaya Islam/ajaran dan aqidah Islam. Sehingga teks bacaan tersebut, seharusnya dilakukan perbaikan baik isi maupun temanya, agar sesuai dengan tujuan silabus yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Hanif Taufiq
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:09
Last Modified: 15 Aug 2022 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item
View Item