Efektivitas Media Scrabble Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa ( Penelitian Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh)

Anas Tasya Saiha, 180202034 (2022) Efektivitas Media Scrabble Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa ( Penelitian Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Media Scrabble Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa ( Penelitian Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh)] Text (Efektivitas Media Scrabble Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa ( Penelitian Eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh))
Anas Tasya Saiha, 180202034, FTK, PBA, 081362406397.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di MTsN 1 Banda Aceh,menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum bisa menulis huruf Arab dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada maharah al-kitabah di MTsN 1 Banda Aceh, sehingga membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran Bahasa Arab, dan mereka juga kurang merespon saat mempelajarinya.Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk membantu siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran, dan mencoba menerapkan media Scrabble Game sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas penggunaan media Scrabble Game untuk meningkatkan maharah al-kitabah. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah tes dan observasi, dan daftar tes yang berkaitan dengan pre test dan post test menggunakan uji normalitas dan uji T menggunakan SPSS. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 405 siswa-siswi MTsN dan sampel penelitian ini hanya sebagian siswa yaitu siswa kelas 2 MTsN yang berjumlah 34 siswa. Dan hal ini diketahui dari perkiraan hasil nilai observasi kegiatan guru dengan nilai P= 85% dan kegiatan siswa dengan nilai P=87,5 keduanya berada pada batasan 81-100% yang berarti sangat baik. Adapun hasil pre test dan post test memperoleh tingkat signifikan (2- tailed) 0,000< 0,05”. ini menunjukkan bahwa Hipotesis (Ha) diterima dan Hipotesis (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anas Tasya Saiha
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:51
Last Modified: 22 Aug 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22557

Actions (login required)

View Item
View Item