Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Masjid Gudang Buloh di Desa Ujong Pasie Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Sebagai Objek Wisata Religi

Fifit Gusmiyanti, 170305014 (2022) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Masjid Gudang Buloh di Desa Ujong Pasie Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Sebagai Objek Wisata Religi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Masjid] Text (Pengembangan Masjid)
Fifit Gusmiyanti, 170305014, FUF, SA, 082288614087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Secara umum, wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus . Di Nagan Raya di Gampong Ujong Pasie Kecamatan Kuala memiliki wisata religi yaitu Masjid Gudang Buloh. Masjid tersebut ini dianggap keramat, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Masjid Gudang Buloh di desa Ujong Pasie Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Sebagai Objek Wisata Religi. Dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terlihat dari pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pengembangan Masjid Jami’ Syaikhuna Gudang Buloh sebagai objek Wisata religi, yang dengan adanya objek wisata religi tersebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mampu menambah pendapatan masyarakat setempat. Dalam pengelolaan Masjid tersebut masyarakat selalu berpartisipasi dan dilibatkan dalam hal pengelola Masjid Jami’ Syaikhuna Gudang Buloh. Dari awal perencanaan hingga pengelolaan masyarakat selalu dilibatkan untuk berpatisipasi dalam mengembangkan Masjid Jami’ Syaikhuna Gudang Buloh ini sebagai objek wisata religi . dalam partisipasinya masyarakat dengan sukarela membantu pengembangan masjid dari pemberian pemikiran atau pendapat, tenaga, bahkan hasil panennya. Dalam pengembangan Masjid Jami’ Syaikhuna Gudang Buloh sebagai Wisata religi adalah: minim fasilitas -fasilitas untuk pengunjung , serta tidak adanya dukungan ataupun kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak- pihak yang terkait dalam hal pembangunan, pengeloaan bahkan dalam hal promosi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Fifit Gusmiyanti Fifit
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:54
Last Modified: 22 Aug 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22560

Actions (login required)

View Item
View Item