Kemampuan Siswa Dalam Menulis Arab (penelitian deskriptif analitik) di Sekolah MAN 3 Pidie Jaya

Zaitun, 170202032 (2022) Kemampuan Siswa Dalam Menulis Arab (penelitian deskriptif analitik) di Sekolah MAN 3 Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kemampuan Siswa Dalam Menulis Arab (penelitian deskriptif analitik) di Sekolah MAN 3 Pidie Jaya] Text (Kemampuan Siswa Dalam Menulis Arab (penelitian deskriptif analitik) di Sekolah MAN 3 Pidie Jaya)
Zaitun, 170202032, FTK, PBA, 082277748974.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang penting dan dibutuhkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun, siswa menghadapi masalah dalam menulis bahasa Arab. Mereka kesulitan menulis bahasa Arab dengan jelas dan benar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis Arab di MAN 3 Pidie Jaya. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan kuantitatif dan kualitatif, dimana peneliti melakukan tes dan wawancara untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Sample pada penelitian ini adalah 24 siswa dari keseluruhan populasi yang berjumlah 124 siswa. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa kemampuan menulis bahasa Arab siswa dengan nilai rata-rata 56,92. Hasil keseluruahan dari penilaian yang diperoleh siswa dalam menulis Arab adalah dengan predikat sangat kurang. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh siswa ketika menulis Arab adalah dalam proses pembelajaran mereka kesulitan ketika menyusun dan menyambungkan huruf Arab, mereka tidak bisa menulis bahasa Arab dengan jelas dan benar, kebanyakan siswa kurang menguasai mufradat sehingga mereka mengalami kesulitan ketika membuat kalimat-kalimat baru dalam bahasa Arab, mereka kurang menguasai nahwu dan sharaf dan mereka kurang bisa membedakan huruf-huruf yang berdekatan baik dari segi ucapan maupun bentuk hurufnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zaitun Zaitun
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:06
Last Modified: 23 Aug 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22606

Actions (login required)

View Item
View Item