Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al- Muhajirin Aceh Besar

Khairul Ulfi, 160205085 (2022) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al- Muhajirin Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al- Muhajirin Aceh Besar] Text (Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al- Muhajirin Aceh Besar)
Khairul Ulfi,160205085, FTK, PMA, 085225957238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Motivasi belajar berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar, karena motivasi merupakan suatu dorongan yang menggerakkan siswa untuk mau mengikuti proses pembelajaran atau tidak. Kenyataannya, motivasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, yaitu strategi pembelajaran Peer Lessons dan berbantuan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa yang belajar dengan menggunakan strategi Peer Lessons berbantuan alat peraga lebih baik daripada motivasi belajar matematika siswa yang belajar dengan strategi Ekspositori. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Muhajirin Aceh Besar yang berjumlah 51 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert dengan penyebaran angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengam strategi Peer Lessons berbantuan alat peraga lebih baik daripada motivasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Islam Al-Muhajirin Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairul Ulfi
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:40
Last Modified: 24 Aug 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22642

Actions (login required)

View Item
View Item