Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMAN 2 Kuala Nagan Raya

Nurul Aflah, 160206024 (2021) Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMAN 2 Kuala Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan   Laboratorium   IPA   Dalam   Meningkatkan Kualitas Pembelajaran] Text (Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran)
Nurul Aflah, 160206024, FTK, MPI, 082126747396.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Laboratorium merupakan suatu tempat dilakukannya percobaan dan penelitian, dalam meningkatkan kemampuan siswa baik pengetahuan maupun keterampilan dan sikap. Apabila laboratorium dapat dikelola dengan baik dan sempurna akan memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif terhadap pengelolaan laboratorium di SMA Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh pengelola laboratorium belum maksimalnya pengelolaan laboratorium sesuai dengan standar yang diharapkan secara baik. Apabila pengelolaan laboratorium tersebut tidak dikelola secara baik, akan berpengaruh terhadap proses belajar siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Negeri 2 Kuala, guru bidang studi, dan siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah belum maksimalnya pengelolaan laboratorium sebagai tempat dilakukannya praktikum dalam proses pembelajaran siswa. Disebabkan sumber daya, sarana dan prasarana, dan waktu baik secara administrasi dan manajemen. Penelitian ini diharapkan dapat dilakukan oleh pihak-pihak terkait dalam bidang ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Aflah Aflah
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:56
Last Modified: 24 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item
View Item