Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit di Kabupaten Nagan Raya

Vera Marliana, 180802057 (2022) Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit di Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit] Text (Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit)
Vera Marliana,180802057, FISIP, IAN, 082163647359.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Aceh sebagai salah satu wilayah penghasil kelapa sawit di Indonesia, salah satunya Kabupaten Nagan Raya. Pada Desember 2021 Crude Palm Oil (CPO) mengalami penurunan sehingga menyebabkan harga TBS juga ikut turun. Turunnya harga Tandan Buah Segar kelapa sawit membuat para petani sawit menjadi resah karena jika hal tersebut berlangsung lama akan berdampak pada kerugian petani sawit. Sehingga Pemerintah Kabupaten Nagan Raya memiliki peran dalam mengatur fluktuasi harga yang terjadi pada perusahaan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dalam penetapan harga dan hambatan apa saja yang dihadapi Pemerintahan Kabupaten Nagan Raya dalam melakukan penetapan harga penjualan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dalam perannya sebagai Regulator, Stabilitator, Dinamisator dan Pengawasan, relative sudah berjalan dengan baik. Namun, masih ada hambatan seperti adanya perusahaan yang belum meladeni keputusan pembelian TBS kelapa sawit yang ditetapkan pemerintah. Hambatan lain yang dirasakan oleh pemerintah Kabupaten Nagan Raya dalam menetapkan pembelian TBS kelapa sawit berupa masih kurangnya ketaatan perusahaan dan pemenuhan kriteria batang panen TBS kelapa sawit yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vera Marliana Vera
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:03
Last Modified: 25 Aug 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item
View Item