Menggunakan Media Power Point Dengan Metode Induktif Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Tindakan Kelas Di Ma’had Syamshuddhuha Aceh Utara)

Zamzami, 180202054 (2022) Menggunakan Media Power Point Dengan Metode Induktif Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Tindakan Kelas Di Ma’had Syamshuddhuha Aceh Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Menggunakan Media Power Point Dengan Metode Induktif Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Tindakan Kelas Di Ma’had Syamshuddhuha Aceh Utara)] Text (Menggunakan Media Power Point Dengan Metode Induktif Dalam Pembelajaran Nahwu (Penelitian Tindakan Kelas Di Ma’had Syamshuddhuha Aceh Utara))
Zamzami, 180202054, FTK, PBA, 082370651386.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa Guru Bahasa Arab di Pondok pesantren Syamshuddhuha mengajar dengan tidak menggunakan media yang menarik dalam proses pembelajaran. Mereka hanya menggunakan metode ceramah dan buku ajar pelajaran saja. Oleh karena itu, siswa kelihatan bosan saat belajar sehingga tidak memiliki daya tarik untuk meningkatkan kemampuan dalam nahwu. Penelitian ini berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media power point untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap nahwu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektifitas pengunaan media power point dengan metode induktif untuk meningkatkan kemampuan mereka terhadap penguasaan nahwu. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian tindakan kelas dengan desain one grup pre-test post test, Dan untuk pengumpulan data peneliti mengunakan tes (pre test dan post test). Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-1. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nahwu dengan menggunakan media power point dengan metode induktif bertambah meningkat. Sebagaimana yang terlihat dari hasil tes, dari tingkatan derajat 69,7 mereka mencapai kepada derajat 77.4. Hal ini juga terlihat dari data awal sebelum menggunakan media power point dengan metode induktif. Dari 19 siswa yang mengikuti test pertama hanya 7 (37%) siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 12 (63%) siswa. Dan sesudah diterapkannya media power point dan metode induktif, hasilnya dari 19 siswa, yang tuntas 12 siswa (63%), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa (37%). Kemudian pada hasil siklus ke dua pemahaman siswa terhadap nahwu semakin meningkat. Hasilnya adalah terdapat 19 siswa (100%) yang tuntas dan yang tidak tuntas adalah 0 (0%) siswa. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan power point dengan metode induktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zamzami Zamzami
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:00
Last Modified: 25 Aug 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item
View Item