Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Program Imunisasi di Posyandu Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh

Zahratun Nufus, 180802101 (2022) Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Program Imunisasi di Posyandu Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung  Program Imunisasi di Posyandu Gampong Punge Blang Cut] Text (Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Program Imunisasi di Posyandu Gampong Punge Blang Cut)
Zahratun Nufus, 180802101, FISIP, IAN, 082299468857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 bahwa cakupan imunisasi bayi dan balita di Provinsi Aceh masih rendah. Selanjutnya, berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh tahun 2021 bahwa cakupan hasil imunisasi pada bayi dan balita di Kecamatan Jaya Baru masih rendah. Gampong Punge Blang Cut merupakan salah satu Gampong yang berada di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh dan memiliki fasilitas kesehatan yang berupa pelayanan imunisasi. Imunisasi merupakan suatu program kesehatan pada imun yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sejak bayi agar terhindar dari penyakit berbahaya atau penyakit menular. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam program imunisasi di Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui apa saja hambatan partisipasi masyarakat dalam mendukung program imunisasi di Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa rendahnya partisipasi masyarakat di Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh dalam mendukung program imunisasi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya vaksin imunisasi, kurangnya rasa kepercayaan masyarakat terhadap vaksin imunisasi dan terbatasnya waktu karena pekerjaan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya metode baru dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, yaitu dengan meningkatkan peran petugas kesehatan bagian imunisasi, aparatur Gampong dan kader dalam memberikan penyuluhan imunisasi, serta menggerakkan masyarakat dalam melakukan vaksin imunisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Zahratun Nufus Zahra
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:12
Last Modified: 25 Aug 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22709

Actions (login required)

View Item
View Item