Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil

Depriyanti, 180802109 (2022) Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Mitigasi Bencana Kebakaran] Text (Mitigasi Bencana Kebakaran)
Depriyanti, 180802109, FISIP, IAN, 082276075346.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kejadian kebakaran di Indonesia tercatat cukup tinggi, khususnya di pemukiman masyarakat menengah kebawah, karena mempunyai kepadatan tinggi. Kabupaten Aceh Singkil memiliki berbagai potensi terjadinya bencana yang dapat mengancam keselamatan jiwa, kerugian harta dan benda. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Singkil memiliki tugas dan wewenang dalam hal mitigasi bencana. Kemudian pos pemadam kebakaran yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Aceh Singkil sebanyak tujuh pos, dengan jumlah armada sebanyak sepuluh unit yang tersebar di tujuh dari total sebelas Kecamatan Aceh singkil sehingga belum bisa memberikan pelayanan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mitigasi Bencana Kebakaran oleh BPBD di Kabupaten Aceh Singkil dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran oleh BPBD di Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini bersifat Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian ini adalah dengan adanya upaya meminimalkan bencana kebakaran ini seperti dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui hal apa saja yang dilakukan agar bencana kebakaran itu tidak akan terjadi. Faktor pendukung pelaksanaan mitigasi hubungan kerja yang baik antara pihak BPBD dengan Instansi lainnya dan faktor penghambat pelaksanaan mitigasi tidak sampainya sosialisasi kepada masyarakat dan tidak adanya anggaran yang diberikan oleh pemerintah terkait sosialisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah BPBD Aceh Singkil sudah sangat baik dalam menjalankan tugas nya, dalam meminimalkan risiko terjadinya bencana BPBD Aceh singkil sudah melakukan beberapa upaya diantaranya adalah menyiapkan alat pemadam kebakaran, menginformasikan nomor darurat, melakukan simulasi kepada sekolah-sekolah dan juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Depriyanti Yanti
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:15
Last Modified: 25 Aug 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22713

Actions (login required)

View Item
View Item