Turnitin: Manuskrip Aceh Pelambang Kearifan Ulama Masa Lalu dalam Mengisi Peradaban Intelektual Melayu Islam di Nusantara

Muliadi Kurdi, 2015107203 (2021) Turnitin: Manuskrip Aceh Pelambang Kearifan Ulama Masa Lalu dalam Mengisi Peradaban Intelektual Melayu Islam di Nusantara. Universiti Kebangsaan Malaysia, Alor Setar, Kedah Darul Aman, Malaysia.

[thumbnail of Manuskrip Aceh Pelambang Kearifan Ulama Masa Lalu dalam Mengisi Peradaban Intelektual Melayu Islam di Nusantara] Text (Manuskrip Aceh Pelambang Kearifan Ulama Masa Lalu dalam Mengisi Peradaban Intelektual Melayu Islam di Nusantara)
Turnitin - Manuskrip Aceh Pelambang Kearifan Ulama Masa Lalu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Aceh dalam sejarah wilayah pertama melahirkan banyak ulama ternama di Nusantara. Indikator ini dapat diukur dari sejumlah warisan karya ulama Aceh yang ditinggalkan berupa manuskrip [karya tulis tangan ulama]. Manuskrip menyimpan informasi penting yang patut diteladani dalam mengisi peradaban. Ada dua warisan yang mungkin dilacak untuk mengetahui sejarah peradaban masa lalu. Pertama, warisan fisik seperti Masjid, Meunasah [Surau], Balai Pengajian [Dayah/Aceh] dan maqam-maqam ulama. Kedua, manuskrip yang menyimpan pengetahuan. Kedua bentuk karya ini sering dijadikan referensi dalam menggali informasi sejarah dan kondisi sosial agama. Namun, dari kedua bentuk karya tersebut manuskrip jauh lebih bermakna dalam memberikan informasi dibandingkan warisan fisik. Tidak dapat dinafikan setiap informasi yang dituangkan dalam keragaman karya manuskrip Aceh itu telah menghiasi peradaban intelektual Melayu Islam terutama bagi pertumbuhan hukum Islam dalam tatanan kehidupan sosial budaya di Nusantara.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Manuskrip Aceh, Ulama, Melayu Islam, Nusantara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muliadi Kurdi
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:51
Last Modified: 31 Aug 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22754

Actions (login required)

View Item
View Item