Enumerasi dan Uji Patogenitas Vibrio Sp. Pada Kerang Hijau (Perna viridis) Dari Kawasan Krueng Cut Aceh Besar

Nailul Muna, 1607030027 (2021) Enumerasi dan Uji Patogenitas Vibrio Sp. Pada Kerang Hijau (Perna viridis) Dari Kawasan Krueng Cut Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Enumerasi dan Uji Patogenitas Vibrio Sp. Pada Kerang Hijau (Perna viridis) Dari Kawasan Krueng Cut Aceh Besar] Text (Enumerasi dan Uji Patogenitas Vibrio Sp. Pada Kerang Hijau (Perna viridis) Dari Kawasan Krueng Cut Aceh Besar)
Nailul Muna, 160703027, FST, BIO, 085358482650.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian Enumerasi dan Uji Patogenitas Vibrio sp. Pada Kerang Hijau (Perna viridis) dari kawasan Krueng Cut Aceh Besar. Kerang hijau (Perna viridis) merupakan jenis biota laut yang diminati oleh masyarakat, karena memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk dikonsumsi dan nilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan bakteri Vibrio sp., menghitung total koloni dengan uji Total Plate Count dan mengetahui sifat patogenitas Vibrio sp. dengan media Blood Agar plate (BAP). Isolasi dengan menggunakan media selektif Thiosulfate Citrate Bile Salts (TCBS) diperoleh 16 isolat. Perhitungan total koloni dengan jumlah terendah yaitu 2,36 x 102 Cfu/g dan tertinggi yaitu 4,63 x 102 Cfu/g. Hasil pengujian patogenitas 16 isolat bersifat patogen karena memiliki kemampuan melisiskan darah yang terdapat didalam media Blood Agar Plate ditandai dengan terbentuknya zona bening disekeliling koloni, isolat positif menunjukkan hasil beta hemolisis. Berdasarkan uji biokimia Triple Sugar Iron Agar (TSIA) 16 isolat mampu memfermentasi glukosa, dan sukrosa, tapi tidak mampu memfermentasi laktosa; 2 isolat menghasilkan H2S; uji Methyl Red dan oksidase menunjukkan aktivitas positif. Sedangkan pada uji katalase, Sulfur Indol Motility, Voges proskauer, dan simmon citrate tidak mampu menfermentasi bahan tersebut. Berdasarkan hasil uji tersebut diduga isolat merupakan species Vibrio cholera dan Vibrio parahaemolyticus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nailul Muna
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:29
Last Modified: 31 Aug 2022 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item
View Item