Efektivitas Bimbingan Karir Untuk Mengarahkan Pilihan Karir Siswa Kelas XII SMA Darul Imarah Aceh Besar

Muammar Ziaul Qadafi, 160213032 (2021) Efektivitas Bimbingan Karir Untuk Mengarahkan Pilihan Karir Siswa Kelas XII SMA Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas bimbingan Karir Untuk Mengarahkan Pilihan   Karir Siswa Kelas XII SMA Darul Imarah Aceh Besar] Text (Efektivitas bimbingan Karir Untuk Mengarahkan Pilihan Karir Siswa Kelas XII SMA Darul Imarah Aceh Besar)
Muammar Ziaul Qadafi, 160213032, FTK, BK, 082273038436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan karir adalah suatu proses dalam memilih dan menentukan arah karir yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pemilihan karir yang akan dipilih oleh siswa diharapkan dapat memberikan arah yang baik terhadap masa depan siswa tersebut. Permasalahan yang berkaitan dengan karir siswa di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar yaitu masih banyak siswa yang bingung dalam pemilihan karirnya. Dampak dari kebingungan siswa dalam memilih karir yaitu siswa seringkali memilih karir dengan asal sehingga tidak sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki, siswa juga memilih karir karena ikutan teman dan tuntutan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan karir untuk mengarahkan pilihan karir siswa kelas XII di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode One Group Pre-test post-test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 185 siswa dan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan skala likert serta teknik analisis menggunakan uji-T (uji Paired Sample T-Test). Adapun Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil uji hipotesis yaitu Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Ha diterima artinya ada perbedaan pilihan karir siswa sebelum dan sesudah pemberian bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yaitu Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Ha diterima berarti ada perbedaan pilihan karir siswa sebelum dan sesudah pemberian bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Muammar Ziaul Qadafi
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:40
Last Modified: 31 Aug 2022 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item
View Item