Peran Buruh Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya)

Putri Eliza, 170501052 (2022) Peran Buruh Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Buruh Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya)] Text (Peran Buruh Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya))
Putri Eliza, 170501052, FAH, SKI, 082247647026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Buruh Perempuan Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus di Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya)”. Tanaman kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang perlu ditingkatkan produksinya karena tanaman ini merupakan penghasil utama minyak nabati. Perkembangan perkebunan kelapa sawit ini salah satunya terjadi di wilayah Aceh khususnya di Desa Ujong krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sejarah buruh perempuan di perkebunan kelapa sawit serta untuk mengetahui kehidupan para buruh perempuan di Desa Ujong Krueng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buruh perempuan adalah orang yang bekerja di lahan perkebunan kelapa sawit untuk mendapatkan upah dari sang pemilik kebun, adapun sejarah buruh perempuan di perkebunan kelapa sawit Desa Ujong Krueng ialah dikarenakan semakin banyak jumlah perkebunan dan berkembang pesat sehingga memerlukan buruh dalam jumlah yang besar, tentunya hal tersebut membuka peluang mata pencaharian bagi perempuan-perempuan yang ingin membantu perekonomian keluarga mereka. Kehidupan para buruh perempuan di Desa Ujong Krueng tediri dari; petama, peran ganda buruh perempuan tediri dari peran domestik dan publik. Kedua, perempuan sebagai tulang punggung keluarga ini dirasakan oleh beberapa perempuan yang hidup menjanda/mengalami sakit parah, sehingga keadaan tersebut memaksa seorang istri ikut serta dalam mencari nafkah. Ketiga, kondisi perekonomian masyarakatnya ialah dengan adanya perkebunan kelapa sawit masyarakat mempunyai penghasilan cukup dan dapat memenuhi kebutuhan hidup. Keempat, salah satunya perkerjaan yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki kini dikerjakan oleh perempuan adalah memindahkan hasil panennya disebuah tempat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Putri Eliza
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:11
Last Modified: 31 Aug 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item
View Item