Peran Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar

Farhah Kamilatun Nuha, 180802072 (2022) Peran Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemerintah Gampong dalam Pengembangan     Desa Wisata] Text (Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata)
Farhah Kamilatun Nuha, 180802072, FISIP, IAN, 082298909341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Gampong Nusa berpotensi dikembangkan menjadi desa wisata yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Gampong Nusa memiliki daya tarik wisata alam yang memikat serta kearifan lokal masyarakat yang khas. Gampong Nusa merupakan salah satu gampong di Aceh yang terus bergerak mengembangkan Desa Wisata berbasis masyarakat. Beragam potensi wisata Gampong Nusa butuh pengelolaan dan pengembangan agar berdampak terhadap menambah pendapatan ekonomi masyarakat tanpa merusak lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pemerintah Gampong Nusa dalam mengembangkan desa wisata di Gampong Nusa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Pitana dan Gayatri (2005) yang memiliki 3 komponen indikator yaitu motivator, fasiliator dan dinamisator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar berjalan sesuai dengan indikator- indikator yang telah ditetapkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar sudah mencapai hasil yang baik. Hal ini dilandasi 3 indikator Pemerintah Desa atau Gampong yaitu motivator, fasiliator dan dinamisator.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Farhah Kamilatun Nuha Nuha
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:38
Last Modified: 31 Aug 2022 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item
View Item