Analisis Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dalam Melaksanakan Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 di MTsN 5 Pidie

Muhammad Hanif, 170201054 (2021) Analisis Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dalam Melaksanakan Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 di MTsN 5 Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Aqidah  Akhlak dalam Melaksanakan Pembelajaran Saat Pandemi   Covid-19 di MTsN 5 Pidie] Text (Analisis Tanggung Jawab Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak dalam Melaksanakan Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 di MTsN 5 Pidie)
Muhammad Hanif, 170201054, FTK, PAI, 081263115467.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran masa Covid-19 telah mengalami perubahan yang mendasar dari pembelajaran tatap muka ke sistem belajar daring. Hal ini tentu mempengaruhi tanggung jawab guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut, termasuk guru mata pelajaran Aqidah Akhlak yang ada di MTsN 5 Pidie. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui tanggung jawab guru aqidah ahklak dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Pidie, pelaksaan tanggung jawab guru aqidah akhlak dalam melaksanakan pembelajaran masa Covid-19 dan kendala guru dalam pelaksanaan tanggung jawab pembelajaran aqidah akhlak masa Covid-19 di MTs N 5 Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru Aqidah Ahklak dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, anket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk tanggung jawab guru pelajaran Aqidah Akhlak masa Covid-19 di MTsN 5 Pidie ialah meningkatkan minat dan ketekunan belajar siswa, menyelesaikan tugas profesinya, memotivasi siswa untuk giat dan semangat belajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan mengevaluasi hasil belajar siswa di MTsN 5 Pidie. Pelaksanaan tanggung jawab guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Masa Covid-19 di MTs N 5 Pidie memberikan motivasi dan dorongan semangat belajar siswa semasa Covid-19, melaksanakan kegiatan pembelajaran daring sesuai ketentuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, membentuk kepribadian siswa yang sesuai tuntutan agama Islam, memberikan bimbingan dan membina akhlak siswa baik ahklak kepada Allah SWT, akhlak sesama manusia maupun akhlak dengan lingkungan sekitar. Kendala guru dalam pelaksanaan tanggung jawab pembelajaran Aqidah Akhlak masa Covid-19 di MTs N 5 Pidie ialah keterbatasan fasilitas pembelajaran daring, tingkat pengetahuan guru aqidah akhlak dan siswa yang masih minim terkait penggunaan aplikasi belajar daring, sulitnya guru dalam control siswa saat pembelajaran dan kendala dalam penilaian evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hanif
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:11
Last Modified: 02 Sep 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22815

Actions (login required)

View Item
View Item