Hubungan Antara Penguasaan Siswa Terhadap Kosa Kata Dan Keterampilan Berbicara (Studi Korelasi Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar)

Riska Nurmahera, 180202019 (2022) Hubungan Antara Penguasaan Siswa Terhadap Kosa Kata Dan Keterampilan Berbicara (Studi Korelasi Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hubungan Antara Penguasaan Siswa Terhadap Kosa Kata Dan Keterampilan Berbicara (Studi Korelasi Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar)] Text (Hubungan Antara Penguasaan Siswa Terhadap Kosa Kata Dan Keterampilan Berbicara (Studi Korelasi Di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar))
Riska Nurmahera, 180202019, FTK, PBA, 085358555270.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa komunikasi dan percakapan sehari-hari di Pesantren Modern Al-Manar. Namun masih terdapat banyak siswa yang mengalami permasalahan dalam keterampilan berbicara, seperti banyak siswa yang mengetahui arti dari kosa kata, tetapi mereka tidak dapat berbicara bahasa Arab dengan baik, dan banyak diantara mereka tidak memahami tujuan dari lawan bicaranya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kosa kata siswa dan hubungannya dengan keterampilan berbicara serta faktor-faktor yang mempengaruhi nya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 E dengan jumlah 30 siswa. Dan instrumen penelitian adalah angket dan tes. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis jawaban siswa dalam angket penguasan kosakata memiliki rata-rata penguasaan kosakata 80,39, dan hasil rata-rata dalam keterampilan berbicara 83,80. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan kosa kata siswa dan keterampilan berbicara siswa baik. Kemudian pada hasil uji korelasi didapatkan tingkat korelasi (R) sebesar 0,391 dengan tingkat sig 0,03<0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan antara penguasan siswa terhadap kosa kata dan keterampilan berbicara dengan tingkat korelasi rendah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dan keterampilan berbicara, yaitu faktor internal siswa itu sendiri yaitu berkurangnya tingkatan menghafal kosakata yang telah mereka pelajari, menurunnya praktik pelajaran yang diberikan oleh guru, siswa masih kurang tertarik dengan pengajaran bahasa Arab, dan menurunnya motivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Riska Nurmahera
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:46
Last Modified: 01 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item
View Item