Implementasi Kebijakan Penertiban Hewan Ternak di Kecamatan Darul Imarah

Siti Sarah, 180802074 (2022) Implementasi Kebijakan Penertiban Hewan Ternak di Kecamatan Darul Imarah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Penertiban Hewan Ternak] Text (Implementasi Kebijakan Penertiban Hewan Ternak)
Siti Sarah, 180802074, FISIP, IAN, 082239080764.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Keberadaan hewan ternak di Kecamatan Darul Imarah setiap tahun kian mengalami peningkatan, sehingga diperlukan aturan khusus untuk mengatur terkait penertiban hewan ternak agar tidak mengganggu ketentraman dan kenyamanan serta menyebabkan konflik sosial antar masyarakat. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak dengan tujuan dapat menciptakan Kabupaten Aceh Besar yang bersih, indah, tertib dan nyaman. Untuk menindaklanjuti kasus tersebut, Camat Darul Imarah mengeluarkan surat edaran larangan ternak liar yang merujuk kepada Peraturan Bupati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan penertiban hewan ternak di Kecamatan Darul Imarah dan faktor pendukung maupun penghambat implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2021 belum berjalan secara maksimal, dikarenakan regulasi ini baru berjalan satu tahun dan masih dalam tahap sosialisasi maupun percobaan kepada masyarakat. Adapun kendala pada penelitian ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam penertiban, wilayah kerja yang begitu besar serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi kebijakan tersebut. Adapun pendukung implementasi kebijakan ini yaitu adanya kerja sama dengan pihak-pihak terkait dan media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Siti Sarah Siti
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:58
Last Modified: 01 Sep 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22846

Actions (login required)

View Item
View Item