Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 9 Aceh Jaya

Riska, 180209072 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 9 Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Learning  Cycle  5E] Text (Learning Cycle 5E)
Riska, 180209072, FTK, PGMI, 082277480547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas VI MIN 9 Aceh Jaya. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 9 Aceh Jaya, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar peserta didik masih rendah, disebabkan karena belum menggunakan model pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas guru, peserta didik serta menganalisis hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas IV MIN 9 Aceh Jaya. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen digunakan lembar observasi aktivitas guru, peserta didik dan lembar tes. Teknik analisis observasi aktivitas guru, peserta didik dan hasil tes. Hasil analisis aktivitas guru siklus I 73.80% dan siklus II 94.31%. Aktivitas peserta didik siklus I 67.04% dan siklus II 95.45%. Hasil belajar siklus I 61.30% sedangkan siklus II 87.10% dimana siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riska Riska
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:06
Last Modified: 01 Sep 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22852

Actions (login required)

View Item
View Item