Efek Perubahan Lahan Persawahan Terhadap Perekonomian Masyarakat Petani Padi (Studi Di Kampung Raklunungkecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)

Dedi Irwansyah, 170404013 (2022) Efek Perubahan Lahan Persawahan Terhadap Perekonomian Masyarakat Petani Padi (Studi Di Kampung Raklunungkecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efek perubahan] Text (Efek perubahan)
Dedi Irwansyah, 170404013, FDK, PMI, 082274805668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perubahan Lahan persawahan atau alih fungsi lahan adalah salah satu fenomena perubahan lahan pertanian menjadi non pertanian. Perubahan lahan ini merupakan dampak dari adanya pembangunan. Padatnya penduduk, dan lainya jadi lahan persawahan semakin menyusut sedangkan kebutuan perekonomian masyarakat sangat tergantung pada lahan persawahan yang sekarang menjadi tidak stabil, lahan padi semakin sedikit , serta banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian utamanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar efek perubahan lahan persawahan terhadap perekonomian masyarakat petani padi di Kampung Raklunung Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues. Penelitian ini dilakuakan dengan metode kualitatip diskriftip.
Tujuan penelitian dilakukan supaya mengetahidanpak perubahan lahan persawahan jika suatu saat nanti ada pertimbangan masyarakat dalam pengelolaan lahan persawahanya, karnasuatu penghasilan atau mata pencarian yang dibutuhkan masyarakat itu seharusnya tersedia di Kampung Raklunung kini persedian lahan persawahan menjadi sedikit. Oleh karna itu peneliti memutuskan meneliti peruban lahan di Kampung Raklunung serta ingin mengetahui apa efek peruban lahan persawan terhadap perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dedi Irwansyah Dedi
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:04
Last Modified: 05 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

View Item
View Item