Evaluasi Kualitas Air IPA Siron PDAM Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar Terhadap Penyisihan Parameter Kekeruhan dan Aluminium

Thoriq Asshiddik Nasution, 150702074 (2021) Evaluasi Kualitas Air IPA Siron PDAM Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar Terhadap Penyisihan Parameter Kekeruhan dan Aluminium. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Kualitas Air IPA Siron PDAM Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar Terhadap Penyisihan Parameter Kekeruhan dan Aluminium] Text (Evaluasi Kualitas Air IPA Siron PDAM Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar Terhadap Penyisihan Parameter Kekeruhan dan Aluminium)
Thoriq Asshiddik Nasution, 150702074, FST, TL, 085372829302.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala mengolah air baku menjadi air minum yang dapat digunakan oleh masyarakat di sekitarnya. Air produksi yang keruh cenderung membuat masyarakat enggan menggunakan air tersebut. Air baku yang keruh diolah dengan menambahkan koagulan untuk mengikat polutan di dalam air. Untuk mengetahui kinerja Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Mountala di cabang Siron perlu dilakukan pengujian berdasarkan kadar kekeruhan dan aluminium pada air produksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kadar kekeruhan dan aluminium air produksi IPA Siron memenuhi baku mutu dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum dengan nilai rata-rata kekeruhan sebesar 2,063 NTU dan nilai rata-rata aluminium sebesar 0,0001 mg/l. Hasil evaluasi kondisi eksisting menunjukkan bahwa IPA Siron masih dapat ditingkatkan kinerjanya dengan melakukan 4 poin rekomendasi seperti penambahan penyaringan awal air, mengganti media filter, pembersihan secara berlaka dan penggunaan software pemantauan kualitas air agar kinerja IPA menjadi lebih bagus untuk ke depannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Thoriq Asshiddik Nasution
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:25
Last Modified: 09 Sep 2022 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item
View Item