Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berwakaf Melalui Asuransi Syariah” Study Penelitian pada Perusahaan Asuransi Syariah di Banda Aceh

Jamaluddin, 30183731 (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berwakaf Melalui Asuransi Syariah” Study Penelitian pada Perusahaan Asuransi Syariah di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis   Faktor-Faktor   yang   Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berwakaf Melalui Asuransi Syariah” Study Penelitian pada Perusahaan Asuransi Syariah di Banda Aceh] Text (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Berwakaf Melalui Asuransi Syariah” Study Penelitian pada Perusahaan Asuransi Syariah di Banda Aceh)
Jamaluddin, 30183731. PS, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat masyarakat dalam berwakaf melalui asuransi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat dalam berwakaf melalui asuransi syariah. Untuk mengukur seberapa besar pengaruh jenis produk, harga premi, promosi, persepsi dan ekspektasi serta religiusitas terhadap minat masyarakat dalam berwakaf pada perusahaan asuransi syariah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi sederhana. Sampel 100 orang responden yang berasal dari nasabah aktif pada PT Asuransi Takaful Keluarga sebanyak 35 orang nasabah, PT Prudential 30 orang nasabah, dan PT Sun Life 35 orang nasabah ketiga perusahaan asuransi tersebut memiliki perwakilannya di Banda Aceh dengan cara mengisi kuesioner yang telah disediakan. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas disimpulkan bahwa kuisioner valid dan reliable sehingga dapat digunakan. Hasil analis aregresi menunjukkan bahwa jenis produk (p-value = 0,025), harga premi (p-value = 0,030), promosi (p-value = 0,019), persepsi dan Ekspektasi (p-value = 0,014), dan religiusitas (p-value = 0,001) berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat untuk berwakaf pada asuransi syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Jamaluddin Jamaluddin
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:34
Last Modified: 09 Sep 2022 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23027

Actions (login required)

View Item
View Item