Tatwirul Kitabi Matni al-Bina'i Wa al-Asasi Bikhara'ituil al-Mafahimi Litarqiyatil Qudrati at-Thalabah 'Ala Fahmi ash-Sharfi bi Ma'hadi daari az-Zaahidin Aceh Besar

Irmanisah, 170202031 (2022) Tatwirul Kitabi Matni al-Bina'i Wa al-Asasi Bikhara'ituil al-Mafahimi Litarqiyatil Qudrati at-Thalabah 'Ala Fahmi ash-Sharfi bi Ma'hadi daari az-Zaahidin Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Kitab Matan Bina wal Asal dengan Menggunakan Peta Konsep] Text (Pengembangan Kitab Matan Bina wal Asal dengan Menggunakan Peta Konsep)
IRMANISAH 170202031.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kitab Matan Bina wal Asas dengan menggunakan Peta Konsep dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan kitab pengembangan Matan Bina wal Asas untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap Ilmu Sharaf. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan metode Research and Development/R&D. Adapun sampel dalam penelitian ini peneliti memilih kelas III ma’had Daruzzahidin Aceh Besar. dengan jumlah 31 siswa . Pengembangan ini terdiri dari enam langkah yaitu; (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Adapun hasil penelitian ini adalah peneliti berhasil menemukan produk baru yaitu sebuah buku pengembangan yang berjudul “Kharaaitil Mafahim lissharaf” setelah melalui proses validasi ahli. Adapun validasi pengembangannya terdiri dari dua aspek yaitu aspek isi dan desain. Dari aspek isi nilai yang diperoleh adalah 92,5 yaitu sangat layak, sedangkan dari aspek desain nilai yang diperoleh 92,3 yaitu sangat layak. Penggunaan buku tersebut juga efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ilmu Sharaf dimana total nilai yang diperoleh siswa setelah pelaksanaan ujian adalah 2590 dengan nilai rata-rata 83,54. Nilai tersebut mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal pelajaran Sharaf di Ma’had Daruzzahidin yaitu 75.

Kata Kunci : Pengembangan, Kitab Matan Bina wal Asas, Peta Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Irmanisah Irma
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:08
Last Modified: 12 Sep 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23031

Actions (login required)

View Item
View Item