Strategi Komunikasi Bursa Kerja Khusus dalam Pemasaran Lulusan ke Dunia Usaha Dunia Industri (Studi Deskriptif Analitis di SMK SMTI Banda Aceh)

Zulkifli, 201007015 (2022) Strategi Komunikasi Bursa Kerja Khusus dalam Pemasaran Lulusan ke Dunia Usaha Dunia Industri (Studi Deskriptif Analitis di SMK SMTI Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Bursa Kerja Khusus dalam Pemasaran Lulusan ke Dunia Usaha Dunia Industri (Studi Deskriptif Analitis di SMK SMTI Banda Aceh)] Text (Strategi Komunikasi Bursa Kerja Khusus dalam Pemasaran Lulusan ke Dunia Usaha Dunia Industri (Studi Deskriptif Analitis di SMK SMTI Banda Aceh))
Zulkifli, 201007015, PS, KPI, 081243044044.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi komunikasi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK SMTI Banda Aceh dalam memasarkan lulusan ke Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan untuk mengetahui hambatan serta peluang strategi komunikasi Bursa Kerja Khusus SMK SMTI Banda Aceh dalam pemasaran lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen, serta materi audio dan visual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh BKK dalam memasarkan lulusan ke DUDI merupakan gabungan teknik redundancy/ repetition, teknik informatif, teknik persuasif, dan teknik edukatif. Hambatan secara fisik (physical barrier) dan hambatan psiko-sosial (psychosocial barrier) merupakan dua hambatan yang dihadapi oleh BKK pada proses pelaksanaan strategi komunikasi. Hingga saat ini, BKK memiliki peluang-peluang yang mendukung kelancaran proses pelaksanaan strategi komunikasinya dengan DUDI, tentunya dengan tujuan untuk memasarkan atau menyalurkan lulusan SMK SMTI Banda Aceh ke DUDI. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi yang baik bagi BKK untuk memaksimalkan rancangan dan manajemen pelaksanaan strategi komunikasi ke DUDI selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulkifli Salman Gea
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:49
Last Modified: 12 Sep 2022 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item
View Item