Persepsi dan Minat Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Beutong

Raihana Salsabila, 170213067 (2022) Persepsi dan Minat Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Beutong. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi dan Minat Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Beutong] Text (Persepsi dan Minat Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Beutong)
Raihana Salsabila, 170213067, FTK, BK, 082315270928.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan persepsi dan minat terhadap layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah juga terjadi di sekolah-sekolah di daerah Aceh. Majelis Pendidikan Aceh (MPA) menyebut banyak sekolah di Aceh mengabaikan pentingnya peran guru Bimbingan Konseling (BK). Sehingga banyak sekolah yang kekurangan guru BK yang seyogyanya memiliki peran besar dalam lingkungan sekolah. Guru BK kerap dipandang sebagai guru yang menyelesaikan masalah anak-anak tidak disiplin. Padahal guru BK mempunyai peran besar dalam membentuk karakter anak didik, tidak sebatas mengatasi masalah anak nakal, melainkan perannya sangat krusial dalam membimbing anak didik agar sukses dalam belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dengan guru BK dan siswa di SMAN 1 Beutong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya persepsi negatif oleh siswa terhadap Bimbingan dan Konseling yang selalu mencari kesalahan siswa sehinggat minat siswa rendah terhadap layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Dari 7 pertanyaan wawancara dan 6 siswa sebagai sampel, ada 4 orang siswa yang tidak tertarik ke BK dan 2 lainnya tertarik ke BK namun tidak berani ke BK. Upaya yang dapat guru BK lakukan agar mendukung proses layanan BK di sekolah ialah pentingnya kerja sama yang baik dari pihak sekolah, stakeholder sekolah dan siswa di SMAN 1 Beutong, membangun komunikasi yang sehat dan variatif kreatif dalam memberikan layanan BK kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Raihana Salsabila Raihana
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:03
Last Modified: 13 Sep 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item
View Item