Revitalisasi Nilai Moral Adat Sumang di Era Milenial (Studi Penelitian di Desa Bukit Iwih Tamidelem, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah.

Sartika Pitri Alida, 170304019 (2022) Revitalisasi Nilai Moral Adat Sumang di Era Milenial (Studi Penelitian di Desa Bukit Iwih Tamidelem, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Adat  Sumang] Text (Adat Sumang)
Sartika Pitri Alida, 170304019, AFI, 082210158365.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan era milenial yang sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat di Desa Bukit Iwih Tamidelem khususnya untuk remaja yang telah melanggar aturan-aturan Adat Sumang sehingga perlu dilakukan revitalisasi terhadap nilai-nilai moral Adat Sumang yang dirasa telah terabaikan akibat menurunya penerapan budaya yang bersumber dari mengikuti budaya asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya masyarakat dan bentuk revitalisasi dalam menjaga kearifan lokal Adat Sumang di era milenial. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, revitalisasi nilai moral Adat Sumang di era milenial dapat membentuk karakter dan moral masyarakat terutama untuk generasi muda di Desa Bukit Iwih Tamidelem dengan cara sosialisasi yang mengandung pengetahuan, keyakinan, nilai, norma, agama, aturan dan hukum. Adapun upaya yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan melestarikan Adat Sumang agar terus dipatuhi oleh masyarakat dengan membuat sanksi untuk yang melanggar peraturan terhadap Adat Sumang dan menanamkan Adat Sumang sejak dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Sartika Pitri Alida Sartika
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:09
Last Modified: 14 Sep 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item
View Item