Perubahan Sosial dalam Tradisi Kesopanan Masyarakat Kota Banda Aceh

Sabrina Rahmah, 170304039 (2021) Perubahan Sosial dalam Tradisi Kesopanan Masyarakat Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perubahan Sosial dalam Tradisi Kesopanan] Text (Perubahan Sosial dalam Tradisi Kesopanan)
Sabrina Rahmah, 170304039, AFI, 085380857181.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pada jaman dahulu menghormati dan patuh kepada yang lebih tua merupakan didikan dari setiap orang tua kepada anaknya untuk selalu berperilaku sedemikian rupa. Namun saat ini, didikan yang sudah di tanamkan sejak kecil telah mengalami pergeseran disebabkan kemajuan IPTEK dan telah mengubah sistem interaksi sosial. Perubahan dalam tradisi kesopanan yang terjadi saat ini sudah sangat menyimpang dari nilai-nilai keagamaan dan adat Aceh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk perilaku perubahan sosial dan mengidentifikasikan upaya pengendalian perubahan sosial dalam tradisi kesopanan pada masyarakat Kota Banda Aceh.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang berbasis penelitian lapangan dan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan yaitu. bentuk perilaku perubahan sosial dalam tradisi kesopanan pada masyarakat Kota Banda Aceh yaitu penghinaan dan pencemaran nama baik, penggosip, kekerasan personal, dan berbusana tidak sesuai syariat. Perubahan ini terjadi dikarenakan kemajuan teknologi sehingga mengikis norma dalam kehidupan bermasyarakat. Permasalahan ini diminimalisirkan dengan upaya pengendalian perubahan sosial dalam tradisi kesopanan pada masyarakat Kota Banda Aceh dengan cita terciptanya kerukunan dan kedamain di dalam masyarakat. Upaya pengendalian ini dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, agama, tokoh adat, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Sabrina Rahmah Sabrina
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:44
Last Modified: 15 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item
View Item