Analisis Kebijakan Restrukturisasi Terhadap Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Kantor Pusat Bank Aceh Syariah

Rida Nurestika, 190603339 (2021) Analisis Kebijakan Restrukturisasi Terhadap Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Kantor Pusat Bank Aceh Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kebijakan Restrukturisasi Terhadap        Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Kantor Pusat  Bank Aceh Syariah] Text (Analisis Kebijakan Restrukturisasi Terhadap Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Kantor Pusat Bank Aceh Syariah)
Rida Nurestika, 190603339, FEBI, PS, 085219803168.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Restrukturisasi merupakan kebijakan untuk mengatasi pembiayaan bermasalah pada lembaga keuangan, salah-satunya pada kantor pusat Bank Aceh Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pembiayaan bermasalah, penyelesaian pembiayaan bermasalah dan hambatan dalam upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penyebab pembiayaan bermasalah didominasi oleh faktor eksternal seperti omset nasabah menurun sebagai dampak covid 19, kurangnya keterampilan mengelolah usaha dan terjadi musibah diluar kekuasaan nasabah. Mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah melalui rescheduling, reconditioning dan restructuring. Hambatan penyelesaian pembiayaan adalah koletibilitas pembiayaan semakin rendah dan jangka waktu penunggakan terlalu lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Rida Nurestika
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:33
Last Modified: 16 Sep 2022 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23178

Actions (login required)

View Item
View Item