Pengaruh Pembangunan Fly Over Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kawasan Simpang Surabaya Kecamatan Luengbata Kota Banda Aceh)

Said Fulkil Masyhun, 170602177 (2022) Pengaruh Pembangunan Fly Over Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kawasan Simpang Surabaya Kecamatan Luengbata Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pengaruh Fly over terhadap UMKM] Text (membahas tentang pengaruh Fly over terhadap UMKM)
Said Fulkil Masyhun, 170602177, FEBI, ES, 081370127423.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Karya tulis ini mengkaji tentang Pengaruh Pembangunan Fly Overv terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Perspektif Ekonomi Islam di Kawasan Simpang Surabaya Kecamatan Luengbata Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembangunan fly over yang dilakukan oleh pemerintah kota Banda Aceh terhadap pendapatan UMKM disekitar bangunan fly over apabila di lihat menurut perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembangunan fly over berpengaruh terhadap pendapatan pelaku usaha di sekitar Simpang Surabaya, yakni rata-rata mengalami penurunan pendapatan. Namun pengaruh yang ditimbulkan tidak sampai mengancam keberlangsungan usahanya. Dalam penentuan harga jual selama adanya fly over para pelaku UMKM tidak menentukan harga jual
yang menganiaya pembeli. Banyak pertimbangan yang dilakukan oleh pelaku UMKM ketika ingin menaikkan harga suatu barang.(2Perspektif Islam dalam memandang pembangunan fly over belum sepenuhnya memenuhi aspek falah bagi pelaku UMKM disekitarnya, karena semenjak dibangunnya fly over mereka rata-rata berpendapat mengalami sedikit penurunan pendapatan. Namun falah yang tercapai disini adalah hubungan sosial dan ukhwah islamiyyah pemilik UMKM menjadi lebih kuat. Selanjutnya aspek mashlahah bagi pelaku usaha sepenuhnya tidak tercapai juga, karena pengaruh yang ditimbulkan oleh pembangunan fly over tidak semuanya baik. Mashlahah yang didapatkan yakni mengurangi asap dan debu kendaraan di sekitar UMKMnya akibat lalu lintas yang lebih lancar.
Kata Kunci : Fly Over, Tingkat Pendapatan, UMKM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Said Fulkil Masyhun Said
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:12
Last Modified: 19 Sep 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item
View Item