Penggunaan Media Puzzle untuk Pemahaman Siswa Tentang Isim Isyarah di MIN 5 Banda Aceh

Siti Nuraisyah, 160202134 (2021) Penggunaan Media Puzzle untuk Pemahaman Siswa Tentang Isim Isyarah di MIN 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Puzzle untuk Pemahaman Siswa Tentang Isim Isyarah di MIN 5 Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Puzzle untuk Pemahaman Siswa Tentang Isim Isyarah di MIN 5 Banda Aceh)
Siti Nuraisyah, 160202134, FTK, PBA, 082360919011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Penggunaan Media Puzzle untuk Pemahaman IsimIsyarah”. Alasan penelitian ini karena murid di MIN 5 Banda Aceh ini masih belum bisa memahami antara isim isyarah muannas dengan isim isyarah muzakkar, dan belum bisa membedakan kata benda untuk isim isyarah muannas dengan isim isyarah muzakkar, dan kurangnya penggunaan media dalam proses belajar dan mengajar. Sesungguhnya penggunaan media pembelajaran dalam ranah pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena ia bertujuan untuk menjelaskan pengetahuan dan pemikiran, menarik perhatian siswa, dan lain-lain.Selain itu, guru yang mengajar di sekolah tersebut hanya Menjadikan buku pelajaran sebagai satu-satunya media pembelajaran bahasa Arab secara umum. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba mengunakan media Puzzle untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam isim isyarah (kata tunjuk). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa instrument diantaranya, pre-test, post-test, dan angket. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa MIN 5 Banda Aceh yang berjumlah 929 siswa. Sedangkan sampel yang di ambil peneliti adalah kelas 5eberjumlah 20orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media teka-teki silang dalam pembelajaran isim isyarah efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan isim isyarah muannas dengan isim isyarah muzakkar di MIN 5 Banda Aceh, sedangkan hasil yang diperoleh dari segi proses pembelajaran dan hasil belajar adalah adanya peningkatan yang signifikan.Dan peneliti memperoleh hasil pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa Hipotesis nol ( HO) di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) di terima, karena nilai ttest lebih besar dari pada ttabel yaitu : (86<13,15>72).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nuraisyah Siti
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:44
Last Modified: 20 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item
View Item