Peran Kepemimpinan Gampong Dalam Proses Penyelesaian Masalah Secara Adat Di Gampong Buni Reulieng Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie

Raihan Umilda, 180404027 (2022) Peran Kepemimpinan Gampong Dalam Proses Penyelesaian Masalah Secara Adat Di Gampong Buni Reulieng Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Kepemimpinan Gampong Dalam Proses Penyelesaian Masalah Secara Adat Di Gampong Buni Reulieng Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie] Text (Peran Kepemimpinan Gampong Dalam Proses Penyelesaian Masalah Secara Adat Di Gampong Buni Reulieng Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie)
Raihan Umilda, 180404027, FDK, PMI, 082275140652.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dalam menjalani sebuah kehidupan ini terkadang tidaklah berjalan mulus sesuai dengan keinginan kita, apalagi di dalam sebuah gampong yang disitu berkumpul masyarakat dari berbagai macam karakter dan sifat yang berbeda-beda sudah pasti banyak permasalahan yang terjadi baik itu permasalah keluarga, maupun tentang lingkungan sekitar, di gampong setiap terjadi permasalahan akan diselesaikan melalui aturan gampong terlebih dahulu yaitu penyelesaian secara adat, peran kedudukan lembaga adat di gampong sangat memberi pengaruh besar bagi masyarakat untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Dan menggunakan tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkah bahwa peran kedudukan lembaga adat di gampong dapat meringankan banyak beban masyarakat dalam penyelesaian masalah mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Raihan Umilda
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:48
Last Modified: 20 Sep 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item
View Item