Analisis Dampak Usaha Kue Tradisional Terhadap Pendapatan UMKM Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi di Desa Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat)

Fegi Andriani, 190602193 (2022) Analisis Dampak Usaha Kue Tradisional Terhadap Pendapatan UMKM Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi di Desa Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Prsedur Pembukaan Rekening Tabungan BNI Bisnis iB Hasanah pada PT. BNI Syariah KCP Meulaboh] Text (Prsedur Pembukaan Rekening Tabungan BNI Bisnis iB Hasanah pada PT. BNI Syariah KCP Meulaboh)
Fegi Andriani, 160601078, FEBI, PS, 085373075516.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Analisis Dampak Usaha Kue Tradisional Terhadap Pendapatan UMKM Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi di Desa Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat)] Text (Analisis Dampak Usaha Kue Tradisional Terhadap Pendapatan UMKM Menurut Tinjauan Ekonomi Islam (Studi di Desa Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat))
Fegi Andriani, 190602193, FEBI, ES, 085373075516.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang memiliki potensial yang cukup besar dan dapat meningkatkan perekonomian nasional. UMKM bertujuan sebagai peningkat suatu usaha produktif yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha dalam skala mikro. Tujuan penelitian ini mengetahui dampak usaha kue tradisional terhadap tingkat pendapatan pelaku UMKM di Desa Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dan mengetahui penjualan usaha kue tradisional berdasarkan tinjauan ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian ditemukan bahwa usaha kue tradisional ini berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat terutama pemilik dan pekerja yang dengan adanya usaha ini pendapatan yang dihasilkan mulai meningkat dan dapat membantu perekonomian keluarga. Proses penjualannya telah memenuhi syarat dan ketentuan penjualan dengan memenuhi prinsip-prinsip syariah yang bebas dari riba, gharar, maysir, spekulasi, tadlis, ikhtikar, dan bai’ Najasy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fegi Andriani Fegi
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:56
Last Modified: 20 Sep 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item
View Item