Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar

Desi Karlina, 29173526 (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar)
Desi Karlina, 29173526, PS, PAI, 082362542772.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi serta perubahan sosial mengakibatkan pergeseran akhlak manusia, ditandai dengan banyaknya kasus penyimpangan akhlak yang marak terjadi di berbagai wilayah Indonesia sehingga menunjukkan aplikasi sikap spiritual belum maksimal. Sikap ketidak jujuran ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menyontek pada saat ulangan, dan sikap ketidak disiplinan ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang terlambat hadir sehingga aplikasi sikap sosial tampaknya belum terlihat. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sikap spiritual, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sikap sosial dan apa saja faktor pendukung dan hambatan dalam pembinaan sikap Spiritual dan sosial di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsif analisis. Kemudian teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam pembinaan sikap spiritual dan sosial dilakukan melalui pembina spiritual, peran sebagai motivator, peran sebagai figur, peran sebagai pembimbing. Adapun faktor pendukung tersedianya fasilitas sekolah sedangkan faktor penghambat meliputi adanya guru yang kurang berminat untuk memperbaiki siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi semua kalangan, tetutama guru dalam proses membimbing siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Karlina Desi
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:03
Last Modified: 20 Sep 2022 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item
View Item