Faaliyatu Atsawab Litarqiyati Dawafi' Atthalabah Fi Taallum Allughatul Arabiyyah (Dirasah Tajribiyah bi MTsN 1 Aceh Tengah)

Mery Afrinahola, 170202097 (2022) Faaliyatu Atsawab Litarqiyati Dawafi' Atthalabah Fi Taallum Allughatul Arabiyyah (Dirasah Tajribiyah bi MTsN 1 Aceh Tengah). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faaliyatu Atsawab Litarqiyati Dawafi' Atthalabah Fi Taallum Allughatul Arabiyyah (Dirasah Tajribiyah bi MTsN 1 Aceh Tengah)] Text (Faaliyatu Atsawab Litarqiyati Dawafi' Atthalabah Fi Taallum Allughatul Arabiyyah (Dirasah Tajribiyah bi MTsN 1 Aceh Tengah))
Mery Afrinahola, 170202097, FTK, PBA, 082246568171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Reward merupakan salah satu penentu utama berhasilnya suatu pendidikan. Seorang guru dapat menggunakan berbagai macam cara agar siswa termotivasi untuk belajar. Pemberian reward yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa, baik diberikan dalam bentuk verbal atau nonverbal sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. MTsN 1 Aceh Tengah adalah salah satu sekolah yang membutuhkan reward sebagai pendorong didalam pembelajaran, rendahnya motivasi belajar bahasa arab membuat siswa sering mengabaikan penjelasan guru, tidur dikelas dan sering tidak hadir di jam pelajaran yang mengakibatkan prestasi siswa berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas reward dalam meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa arab. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 247 siswa dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data lembar observasi siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran sebelum pemberian reward dan setelah pemberian reward memperoleh nilai yang sangat baik, untuk lembar observasi siswa hasilnya mencapai 77% dan untuk lembar observasi guru hasilnya mencapai 82%. Ini membuktikan bahwa proses pembelajaran sebelum pemberian reward dan sesudah pemberian reward baik dalam bentuk verbal atau nonverbal mengalami peningkatan, maka dari itu pemberian reward terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mery Afrinahola Mery
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:54
Last Modified: 21 Sep 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item
View Item