Tathbiq Thariqatul Munaqasyah Bistiqhdami Wasiilatil Fiidiyu Littarqiyyati Qudratit Thalibat Ala Maharatil Kalam (Dirasah Tajribiyyah Bima’had Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar)

Indah Yulya Marwana, 170202026 (2022) Tathbiq Thariqatul Munaqasyah Bistiqhdami Wasiilatil Fiidiyu Littarqiyyati Qudratit Thalibat Ala Maharatil Kalam (Dirasah Tajribiyyah Bima’had Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tathbiq Thariqatul Munaqasyah Bistiqhdami Wasiilatil Fiidiyu Littarqiyyati Qudratit Thalibat Ala Maharatil Kalam (Dirasah Tajribiyyah Bima’had Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar)] Text (Tathbiq Thariqatul Munaqasyah Bistiqhdami Wasiilatil Fiidiyu Littarqiyyati Qudratit Thalibat Ala Maharatil Kalam (Dirasah Tajribiyyah Bima’had Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar))
Indah Yulya Marwana, 17022026, FTK, PBA, 082237832873.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Maharah Kalam adalah bagian yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab, karena dengan adanya Maharah Kalam, para siswa mampu berbicara dengan bahasa untuk mengekspresikan ide, pendapat, keinginan, atau perasaan mereka kepada lawan bicara. Oleh karena itu faktor – faktor yang mendorong suksesnya pembelajaran dalam Maharah Kalam adalah menggunakan metode yang efektif. Akan tetapi sebagian siswa di pesantren Ruhul Islam Anak selalu menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari ketika berinteraksi kepada teman atau siapapun. Hal ini disebabkan mereka tidak memiliki kebernian dalam mengeluarkan kosakata yang telah dihafal karna kurang terbiasa berbicara bahasa Arab, dan juga kurangnya semangat belajar dan berbicara dalam dalam bahasa arab karna pembelajaran yang membosankan dengan suasana kelas yang kurang kondusif tanpa alat bantu ajar sehingga mereka tidak mengikuti pelajaran dengan baik. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Debat dengan menggunakan Media Vidio untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam Maharah Kalam (Penelitian Eksperimen di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar)”. Dan tujuan dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui keefektifan penggunaannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Adapun metode penelitian skripsi ini adalah eksperimen dengan model (Quasi Eksperimental). Dan Hasil dari penelitian ini adalah efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Hal ini berdasarkan nilai T-Rank Test menghasilkan nilai (-7,175) dan tingkat Sig. (2-tailed) yaitu (0,000 > 0,05). Ini menunjukkan bahwa (Ha) dapat diterima dan (HO) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Yulya Marwana Indah
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:42
Last Modified: 21 Sep 2022 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item
View Item