Merancang Alat Peraga sederhana(APS) untuk Meningkatkan HAsil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelekrolit di SMAN 1 Sakti Pidie

Fakhrur Radhi, 291325023 (2017) Merancang Alat Peraga sederhana(APS) untuk Meningkatkan HAsil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelekrolit di SMAN 1 Sakti Pidie. Skripsi thesis, UIN ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Komunikasi]
Preview
Text (Membahas Tentang Komunikasi)
FAKHRUR RADHI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Sakti menunjukkan bahwa siswa kelas X IPA5 masih kurang mampu untuk memahami pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, kendalanya bersumber pada tidak adanya peralatan laboratorium yang lengkap sehingga guru kurang kreatifitas dalam melaksanakan pratikum. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan merancang Alat Peraga Sederhana (APS). Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui kevalidan APS, (2) untuk mengetahui kepraktisan APS, (3) untuk mengetahui keefektifan APS pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Data validasi, respons, dan observasi dianalisis menggunakan teknik persentase, sedangkan hasil belajar atau tes dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil persentase validasi yaitu 90,8% dengan kriteria sangat baik. Respons siswa diperoleh persentase siswa memberi tanggapan setuju sebanyak 83% terhadap rancangan APS. Persentase aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran yaitu 94,05%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan rancangan APS pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit meningkat yaitu memperoleh N-Gain antara 0,42-1 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan APS layak, praktis, dan efektif digunakan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.H. Maskur, MA 2.Dr. Mujakir, M,pd. Si
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: fakhrur radhi hasballah
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:40
Last Modified: 26 Jan 2018 04:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item
View Item