Okta Mernisa, 170209094 (2022) Penerapan Model Paradigma Pedagogik Reflektif Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Sikap Sosial. Other thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Paradigma Pedagogik Reflektif Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Sikap Sosial]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Okta Mernisa, 170209094, FTK, PGMI, 082160001901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV A MIN 09 Banda Aceh, penulis menemukan masalah pada siswa yang masih kurang memiliki sikap sosial pada saat proses pembelajaran. Dengan permasalah tersebut guru perlu untuk lebih meningkatkan sikap sosial dengan menerapkan model paradigam pedagogik reflektif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model pardigma pedagogik reflektif dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan siakp sosial siswa kelas IV MIN 9 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa melalui penerapan model paradigma pedagogik reflektif dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap sosial siswa kelas IV MIN 9 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui peningkatan sikap sosial siswa kelas IV MIN 9 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IVA MIN 9 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lember sikap sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata- rata 2,68 dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan diperoleh nilai rata-rata 3,68 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 3,94 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,04 dengan kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,71 kategori sangat baik, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 3,90 dengan kategori sangat baik. Adapun sikap sosial siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,41% kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,15% kategori baik, dan pada siklus III mengalami lebih meningkat dengan nilai rata-rata 96,02% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model paradigma pedagodik reflektif dapat meningkatkan sikap sosial siswa kelas IV MIN 9 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Okta Mernisa Okta |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 02:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 02:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23306 |