Kredibilitas Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN Negeri 2 Bate Kabupaten Pidie

Geubrielle Raseuki, 180201050 (2022) Kredibilitas Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN Negeri 2 Bate Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kredibilitas Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN Negeri 2 Bate Kabupaten Pidie] Text (Kredibilitas Guru PAI Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN Negeri 2 Bate Kabupaten Pidie)
Geubrielle Raseuki, 180201050, FTK, PAI, 081269299069.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Salah satu faktor penunjang keberhasilan peningkatan kualitas pembelajaran berasal dari peran guru. Peran guru sebagai motivator dan komunikator pada proses pembelajaran menjadi penting, karena guru dengan kredibilitas dan kualitas pesan yang dimilikinya dapat memberi pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kredibilitas guru PAI dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Batee, yang ditinjau dari komponen keahlian, daya tarik, kepercayaan, dinamis, sosialibilitas, dan karisma. Keenam komponen tersebut kemudian dihubungkan dengan motivasi belajar siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kredibilitas kredibilitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 dan Bagaimana kondisi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa kredibilitas guru PAI SMP Negeri 2 Batee Kabupaten Pidie sebagai sumber komunikasi dipersepsikan siswa sebagai seorang yang memiliki karakter tegas, aktif, semangat, adil, tanggung jawab, ramah, dan cerdas dalam proses pembelajaran, dengan persentase ketercapaian 75,05%. Semua guru PAI juga telah mendapatkan pelatihan-pelatihan, sehingga mudah bagi mereka untuk membangun kredibilitas sebagai sumber komunikasi positif di mata siswa. Kondisi motivasi belajar siswa pada SMP Negeri 2 Batee yang mencakup enam indikator, yaitu menunjukkan minat, motivasi terhadap pembelajaran PAI, tekun dalam menghadapi tugas, senang bekerja mandiri, jam belajar, dan tidak lekas putus asa, cenderung berada pada kategori baik dengan persentase ketercapaian 76,10%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Geubrielle Raseuki
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:44
Last Modified: 23 Sep 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item
View Item