Syiar Islam di Aceh

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2024) Syiar Islam di Aceh. Dinas Syari'at Islam Aceh, Banda Aceh. ISBN 978-602-17196-0-2

[thumbnail of Buku ini membahas tentang praktik syiar sebagai bagian dari proses pelaksanaan syari'at Islam di Aceh] Text (Buku ini membahas tentang praktik syiar sebagai bagian dari proses pelaksanaan syari'at Islam di Aceh)
Buku Syiar Islam di Aceh ( Lengkap).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pemberlakuan syariat Islam di Aceh sebenarnya tidak menekankan hanya pada aspek hukum semata yang lebih identic dengan pemaksaan atau pemberian sanksi. Akan tetapi lebih dititik beratkan pada aspek penyadaran terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Aceh sebagai bagian dari penjabaran terhadap ajaran Islam itu sendiri. Upaya penyadaran akan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, jika dilihat dari konteks syariat Islam dapat diimplementasikan dengan menggalakkan Kembali syiar-syiar Islam. Syiar merupakan sebuah wahana dan media yang cukup penting untuk pengembangan nilai-nilai islami yang semakin hari semakin luntur dalam kehidupan masyarakat. Gejala ini sebagai akibat dari timbulnya berbagai ragam pengaruh globalisasi di era modern yang terus menghantui kehidupan masyarakat dewasa ini. Dengan melihat kondisi masyarakat Aceh saat ini, pelaksanaan syiar sebagai bagian dari pelaksanaan syariat Islam di Aceh perlu diupayakan secara Bersama-sama baik oleh pemerintah maupun masyarakat dengan memperhatikan berbagai aspek krusial untuk tercapainya tujuan yang diharapkan. Dengan adanya buku syiar Islam di Aceh ini diharapkan mampu memberi efek positif dari proses pelaksanaan syiar sebagai bagian dari dinamika religiusitas masyarakat Aceh yang sangat kental dengan nilai-nilai Islam.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:42
Last Modified: 20 Oct 2022 07:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23340

Actions (login required)

View Item
View Item