Nurul Azmi, 170503021 (2022) Evaluasi Strategi Promosi Perpustakaan Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Berdasarkan Konsep Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Evaluasi Strategi Promosi Perpustakaan Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Berdasarkan Konsep Attention, Interest, Desire, Action (AIDA)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Azmi, 170503021, FAH, IP, 082366282830.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Evaluasi Strategi Promosi Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Langkat Sumatera Utara Berdasarkan Konsep Attention, Interest, Desire, Action (AIDA)”. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Umum Kabupaten Langkat. Padahal upaya promosi telah dilakukan oleh pihak perpustakaan melalui kegiatan layanan perpustakaan keliling dan pembagian hadiah berupa mug perpustakaan serta melalui media cetak berupa brosur dan standing x banner. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana respon pemustaka terhadap strategi promosi perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Langkat berdasarkan konsep AIDA yang bertujuan untuk mengetahui respon pemustaka terhadap strategi promosi perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Langkat berdasarkan konsep AIDA. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Evaluasi dilakukan melalui konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), dalam konsep ini terdapat empat tahapan untuk mengetahui respon pemustaka terhadap strategi promosi perpustakaan yaitu tahap attention (mendapatkan perhatian), interest (memunculkan ketertarikan), desire (menimbulkan keinginan), dan action (menghasilkan tindakan). Hasil penelitian di Perpustakaan Umum Kabupaten Langkat menunjukkan bahwa respon pemustaka terhadap promosi kegiatan layanan perpustakaan keliling dan pembagian hadiah berupa gelas mug perpustakaan lebih dominan pada tahap attention dan interest yang penerapannya melalui visualisasi dan informasi singkat yang terdapat pada media promosi tersebut. Hanya beberapa pemustaka yang mencapai tahap desire dan action.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Nurul Azmi |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 03:05 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 03:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23356 |