Inkonsistensi Ibnu Katsir dalam Menafsirkan Ayat-Ayat Tentang Hukum

Rusli, 29173592 (2021) Inkonsistensi Ibnu Katsir dalam Menafsirkan Ayat-Ayat Tentang Hukum. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Inkonsistensi Ibnu Katsir dalam Menafsirkan Ayat- Ayat Tentang Hukum] Text (Inkonsistensi Ibnu Katsir dalam Menafsirkan Ayat- Ayat Tentang Hukum)
Rusli, 29173592, PS, IAT, 082317673301.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penafsiran Al-Qur-an tidak bisa dilepaskan dari metodelogi, karena metode penafsiran adalah suatu perangkat dan tata kerja yang digunakan dalam proses penafsiran Al-Qur’an. Perangkat kerja ini, secara teoritik menyangkut dua aspek penting yaitu:pertama, aspekteks dengan problem semiotik dan semantiknya. Kedua,aspek konteks didalam teks yang mempresentasikan ruang-ruang sosial dan budaya yang beragam di mana teks itu muncul. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwaIbnu Katsir dalam menafsirkan Al-Quran pada ayat-ayat hukummenggunakan metode bi al-ma’tsurdan ia memang sangat banyak mendasari penjelasannya atas riwayat-riwayat dan atsar-atsar dari shahabat Nabi. Tetapi ia tidak secara mutlak terlepas dari pola penalaran dan logika. Hal ini memperlihatkan kekurang konsistensinya dalam menafsirkan potongan QS. al-Isra’: 78 mengenai waktu shalat ashar dan isya’.Dengan demikian ia tidak sepenuhnya menggunakan penafsiran bi al-ma’tsur, hanya saja bi al-ma’tsurnya lebih dominan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rusli Rusli
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:34
Last Modified: 26 Sep 2022 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23363

Actions (login required)

View Item
View Item