Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Story telling untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Devi Novianti, 201223437 (2017) Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Story telling untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendekatan Teknik Paired Storytelling, Kemampuan Bercerita]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendekatan Teknik Paired Storytelling, Kemampuan Bercerita)
DEVI NOVIANTII.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam proses pembelajaran dibutuhkan
keberanian dan keaktifan siswa supaya mencapai tujuan pembelajaran, termasuk
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Model Kooperatif Teknik Paired
Storytelling adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa bercerita secara
berpasangan supaya siswa lebih berani untuk bercerita dan aktif dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui
keaktifan belajar siswa melalui penerapan model kooperatif paired storytelling
pada pelajaran bahasa Indonesia dikelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. (2)
Untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas V MIN Mesjid Raya dengan penerapan model kooperatif paired
storytelling. (3) Mengetahui aktifitas guru dan siswa pada pembelajaran Bahasa
Indonesia melalui penerapan model kooperatif paired storytelling di kelas V
MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan tes yaitu tes awal (tes yang dilakukan sebelum berlangsung pembelajaran) dan tes akhir(tes yang dilakukan setelah pembelajaran selesai), observasi, wawancara, dan angket. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan bercerita siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa).Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kemampuan belajar siswa meningkat dari 70,28% pada siklus I, menjadi 89,14% pada siklus II. (2) aktifitas guru dan siswa meningkat, aktifitas guru dari 3,33% pada siklus I, menjadi 3,91% pada siklus ke II. Dan aktifitas siswa dari 3,58% siklus I menjadi 3,90% pada siklus ke II. (3) dan untuk respon siswa diperoleh hasil respon siswa
yang tertarik (97,1%) menyukai cara mengajar yang digunakan oleh gurudan cara mempermudah siswa untuk memahami materi. Untuk itu diharapkan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia agar dapat menggunakan teknik paired Storytelling salah satu pembelajaran yang sesuai untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Muzakir,M.Ag; 2. Rafidhah Hanum,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan teknik Paired Storytelling, Kemampuan Bercerita
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Novianti
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:02
Last Modified: 26 Jan 2018 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item
View Item