Konstribusi Pabrik Tempe Soya Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Reuloh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Asmanidar, 170404049 (2022) Konstribusi Pabrik Tempe Soya Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Reuloh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konstribusi Pabrik Tempe Soya Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Reuloh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Konstribusi Pabrik Tempe Soya Terhadap Pengembangan Masyarakat Gampong Reuloh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Asmanidar, 170404049, FDK, PMI, 085362286384.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pabrik tempe Soya milik bapak Basri yang sudah beroperasi dari tahun 2012 sudah banyak memberikan konstribusi kepada Gampong (desa), pesantren, dan masyarakat terutama bagi masyarakat Gampong Reuloh, melalui usaha pabrik tempe, tidak hanya mampu mensejahterakan kehidupan keluarga tapi juga memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat sekitar, pabrik tempe menyerap banyak tenaga kerja terutama warga Gampong tersebut. Penelitian ini ingin mengkaji dua hal pokok mengenai produksi tempe dan bagaimana kontribusi produksi tempe Soya terhadap pengembangan masyarakat Gampong Reuloh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif. Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi dalam menggumpulkan data di Gampong Reuloh. Dan teori yang digunakan adalah teori Kontribusi, dan teori Pengembangan Masyarakat. Temuan lapangan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah proses produksi tempe Soya bapak Basri. Selain itu diketahui bahwa pabrik tempe Soya memberi kontribusi bagi pengembangan masyarakat setempat khususnya pada aspek ekonomi. Kesimpulannya pabrik tempe Soya akan terus beroperasi untuk berkontribusi kepada Gampong dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asmanidar Asmanidar
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:04
Last Modified: 27 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23387

Actions (login required)

View Item
View Item