Transformasi Kurikulum pada Aspek Sosial Budaya di Ma`had Aly Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng

Rahmatun Nisak, 180201120 (2022) Transformasi Kurikulum pada Aspek Sosial Budaya di Ma`had Aly Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sosial Budaya] Text (Sosial Budaya)
Rahmatun Nisak, 180201120, FTK, PAI, 085262984957.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam masih dianggap ketinggalan zaman di sebagian kalangan masyarakat khususnya Lembaga Pendidikan Dayah. Namun, Telah terjadi transformasi kurikulum pada aspek sosial budaya di Dayah Darul Munawwarah. Dayah Darul Munawwarah merupakan salah satu pondok pesantren salafiyah yang terkenal di daerah Aceh yang melakukan modernisasi dengan memasukkan program Ma`had Aly. Hal tersebut menyebabkan terjadi sedikit perubahan pada sistem pendidikan khususnya kurikulum. Perubahan yang dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses perubahan kuriklum yang terjadi di Ma`had Aly Darul Munawwarah khususnya pada aspek sosial budaya. Selain itu peneliti juga ingin melihat dampak yang terjadi setelah transformasi kurikulum baik itu pada lembaga dayah maupun bagi mahasantri di Ma`had Aly. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis peneliti dengan mengunakan teknik berupa pengumpulan data mentah, reduksi data sesuai kebutuhan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa di Dayah Darul Munawwarah terjadi perubahan kurikulum setelah didirikan Ma`had Aly. Perubahan terjadi yaitu penambahan beberapa mata pelajaran baru dijejang Ma`had Aly yaitu kelas VII berupa tafsir ayatul ahkam, Bahasa Indonesia, PPKN, Aplikasi Komputer, Micro Teaching Ayat Ahkam, dan Risalah/Penelitian Ilmiah. Pada aspek sosial budaya terdapat mata kuliah Pengabdian Masyarakat. Adapun dampak yang terjadi pada dayah sendiri yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas dayah di dalam masyarakat. untuk mahasantri sendiri setelah adanya kurikulum Ma`had Aly dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan terkait ayat-ayat ahkam serta meningkatkan kreativitas mahasantri ketika menyiarkan ilmu agama dalam masyarakat sesuai dengan skill mahasantri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmatun Nisak Nisak
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:08
Last Modified: 29 Sep 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item
View Item