Dampak Social Distancing Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Annisa Rahmuna, 170212118 (2022) Dampak Social Distancing Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak social distancing terhadap efektifitas pembelajaran daring di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan  UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Dampak social distancing terhadap efektifitas pembelajaran daring di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Annisa Rahmuna, 170212118, FTK, PTI, 082214747246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas dari pembelajaran yang semula secara Luring namun harus diterapkan secara daring. Penelitian ini dilakukan di UIN Ar- Raniry khususnya pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menetapkan informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang, terdiri dari 2 dosen dan 8 mahasiswa/i di Fakultas Tarbiyah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas yang dilakukan di dunia pendidikan dengan melaksanakan perkuliahan secara daring tingkat efektif masih tergolong minim, dan masih kurang dikarenakan banyak sekali kendala-kendala yang harus dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan perkuliahan daring memang bisa digantikan dengan tatap muka , namun jika dilihat dari efektifitas belajar yang diterapkan belum mampu mencapai tujuan belajar dikarenakan ketidaksiapan mahasiswa dan dosen dari segi sarana pembelajaran seperti jaringan dan teknologi khusus yang mendukung pembelajaran secara daring, sehingga ini menjadi alasan mereka memilih pembelajar tatap muka apabila Covid 19 sudah berakhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Annisa Rahmuna Nisa
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:46
Last Modified: 28 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item
View Item