Efektifitas Penggunaan Teknik Kolase untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak TK B di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan

Najmul Fitrati, 170210034 (2021) Efektifitas Penggunaan Teknik Kolase untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak TK B di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas Penggunaan Teknik Kolase untuk Meningkatkan  Kemampuan Visual Spasial Anak TK B di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan] Text (Efektifitas Penggunaan Teknik Kolase untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak TK B di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan)
Najmul Fitrati, 170210034, FTK, PIAUD, 082248076027.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kecerdasan visual spasial merupakan suatu kemampuan dalam memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual, serta memiliki kepekaan terhadap warna, garis, dan bentuk. Kemampuan visual spasial anak di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan masih kurang, yaitu anak kesulitan mewujudkan imajinasi atau ide-ide yang ada di dalam pikirannya ke dalam suatu bentuk karya yang nyata seperti gambar, lukisan, atau karya lain, anak kurang mampu memahami warna, garis, bentuk, dan pola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknik kolase untuk meningkatkan kemampuan visual spasial anak TK B di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desains one group pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B yang berjumlah 11 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan visual spasial anak menggunakan teknik kolase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan visual spasial anak sebelum menggunakan teknik kolase dengan nilai rata-rata 2 dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan kemampuan visual spasial anak setelah menggunakan teknik kolase dengan nilai rata-rata 3 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 17,9 dan ttabel = 1,812 dengan derajat bebas (db) 10 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan teknik kolase efektif untuk meningkatkan kemampuan visual spasial anak di TKN APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Najmul Fitrati Najmul
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:09
Last Modified: 29 Sep 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item
View Item