Pendidikan Karakter dalam Perspektif Surat Al-Hujurat Ayat 11-13

Nova Aulina, 211323728 (2017) Pendidikan Karakter dalam Perspektif Surat Al-Hujurat Ayat 11-13. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan Karakter]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan Karakter)
NOVA AULINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sejumlah tindakan moral dan jauh dari nilai-nilai luhur tujuan pelaksaan pendidikan. Diantaranya, tawuran pelajar, saling mengolok-olok, tidak menghargai antar sesama, memanggil orang dengan gelaran yang buruk, dan beberapa perilaku buruk lainnya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat11-13 ? (2) Relevansi surat Al-Hujurat ayat 11-13 dengan tujuan pendidikan karakter yang sesuai kurikulum 2013 dan UU No. 20 Tahun 2003? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan cara membaca dan menganalisis buku-buku yang berkaitan dengan masalah penelitian, kemudian diolah dan diambil kesimpulan. Adapun metode penafsiran dalam skripsi ini menggunakan metode tahlili, Menyebutkan surat Al-Hujurat ayat 11-13 yang akan ditafsirkan, menjelaskan Makna lafaz dari ayat tersebut, menjelaskan asbabunnuzulnya dan menjelaskan isi kandungannya, lalu menyusun dan menganalisanya dengan menggunakan metode hermeutika untuk memahami penafsiran dari para Mufassir. Kemudian mengangkat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter di dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13. Hasil penelitian Nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13 yaitu terdapat nilai pendidikan karakter saling menghargai, nilai berbaik sangka, dan nilai Toleransi. Adapun relevansi surat Al-Hujurat ayat 11-13 dengan tujuan pendidikan karakter yang sesuai kurikulum 2013 dan UU No. 20 Tahun 2003 adalah mengajarkan dan mengajak kita untuk memiliki budi pekerti yang baik dan etika yang tinggi serta menjadikan bangsa yang lebih bermatabat dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kesimpulan dari hasil analisis terhadap surat Al-Hujurat ayat 11-13 yaitu terdapat nilai saling menghargai yakni sikap dimana kita menjaga nama baik / menjunjung kehormatan setiap kaum muslimin. Berbaik sangka meliputi prasangka baik (husnudzan) kepada Allah Swt., (husnudzan) kepada orang lain dan husnudzan kepada diri sendiri. Nilai toleransi yaitu menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Juairiah Umar, M.Ag 2. Dr. Yuni Roslaili, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Perspektif
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Novaa Aulinaa
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:32
Last Modified: 20 Apr 2018 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item
View Item