Kehadiran PT Green Enterprise Indonesia (GEI) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue

Bayu Anggara, 150404024 (2022) Kehadiran PT Green Enterprise Indonesia (GEI) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kehadiran PT Green Enterprise Indonesia (GEI) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kota Batu  Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue] Text (Kehadiran PT Green Enterprise Indonesia (GEI) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue)
Bayu Anggara, 150404024, FDK, PMI, 082274784472.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Kabupaten Simeulue sebagai salah satu kabupaten di Aceh dengan salah satu hasil perkebunan rakyat adalah kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai Pulau Simeulue. Ditinjau dari aspek ekonomi, tanaman ini mempunyai nilai ekonomis tinggi dikarenakan setiap bagian dari tanaman kelapa dapat menghasilkan berbagai produk-produk nilai jual ekonomi. PT Green Enterprises Indonesia (GEI) adalah sebuah pabrik yang mengelolah meningkatkan nilai tambah ekonomi produk kelapa. Saat ini produk perusahaan tersebut ialah adalah VCO (Virgin Coconut Oil) sebagai hasil pengolahan dari bahan bakunya yaitu buah kelapa. Hal ini menjadi nilai positif segi ekonomi untuk kesejahteraan penggiat usaha komoditi kelapa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem pengolahan VCO( Virgin Coconut Oil) pada PT Green Enterprise Indonesia (GEI) di Desa Kota Batu dan bagaimana peningkatan perekonomian masyarakat Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue Dengan Hadirnya PT Green Enterprise Indonesia (GEI). Penelitian ini sebagai Penelitian Lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan sampel adalah teknik purposive sampling (cluster sampling). Artinya teknik pengambilan sampel ini apabila data telah terpenuhi maka penelitian tidak dilanjutkan lagi. Hasil penelitian ditemukan bahwa sistem pengolahan VCO( Virgin Coconut Oil) pada PT Green Enterprise Indonesia (GEI) yaitu buah kelapa disortir dahulu memperoleh buah kelapa tua sehingga menjadi santan yang dimasak dalam Mesin EVAC menghasilkan CCO (Cooking Coconut Oil) kemudian dimasukkan dalam Mesin RO menghasilkan VCO( Virgin Coconut Oil). Adapun peningkatan perekonomian masyakat diantaranya adalah: 1) Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat Desa Kota Batu. 2) Meningkat dan bertambahnya pendapatan masyarakat. 3) Meningkatnya Pengetahuan masyarakat Tani Kelapa mendapatkan Program Farming Field (Sekolah Lapang Petani Hijau). 4) Terpenuhinya kebutuhan sekunder hingga tersier rumah tangga dan 5) Terjadinya peningkatan ekonomi dengan meningkatnya jumlah komunitas sosial (arisan). Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan hadirnya PT Green Enterprise Indonesia (GEI) dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Bayu Anggara
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:04
Last Modified: 04 Oct 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23520

Actions (login required)

View Item
View Item