Pengaruh Penerapan Media Kartu Uno Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru

Saputri Bahriyanti, 170210014 (2022) Pengaruh Penerapan Media Kartu Uno Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Media Kartu Uno Terhadap Kemampuan    Mengenal Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru] Text (Pengaruh Penerapan Media Kartu Uno Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Baru)
Saputri Bahriyanti, 170210014, FTK, PIAUD, 082210268791.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun dapat dilihat dari kemampuan anak dalam membilang banyak benda satu sampai sepuluh, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di TK Bina Baru terlihat masih kurang dalam menstimulus anak mengenal angka, anak hanya kenal dengan bunyi angka tetapi masih sulit dalam membedakan antara pengucapan dengan penulisan lambang bilangan angka, sebagian anak belum berurutan pada saat menyebut angka 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan media kartu uno terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Bina Baru. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Bina Baru, dan sampel yang digunakan adalah random sampling di kelas A1 yang berjumlah 8 anak. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat pengaruh penerapan media kartu uno terhadap kemampuan mengenal angka pada anak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu uno berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angka pada anak. Dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan jenis uji Independendent Sampel T-Test diperoleh nilai 0,000 < 0,05 artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Saputri Bahriyanti Putri
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:40
Last Modified: 06 Oct 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23535

Actions (login required)

View Item
View Item